Cara Membedakan Suku Cadang Aspal Dan Asli

 Pabrikan otomotif selalu menghimbau para konsumennya untuk melaksanakan servis dan pengganti Cara Membedakan Sparepart Aspal dan Asli

BintangOtomotif.com – Pabrikan otomotif selalu menghimbau para konsumennya untuk melaksanakan servis dan penggantian sparepart di dealer resmi alasannya yakni akan dijamin kualitas dan juga keaslian serta dilengkapi pula dengan garansi sehingga jikalau tidak sesuai atau mengalami kerusakan dapat diperbaiki kembali. Meskipun demikian banyak masyarakat yang lebih menentukan untuk tiba ke bengkel biasa dan membeli sparepart di kawasan tersebut alasannya yakni mempunyai harga lebih terjangkau. Di Indonesia sendiri memang sudah tidak ajaib lagi bagi barang orisinil tapi palsu atau biasa disingkat aspal. Biasanya para produsen melaksanakan hal curang dengan menciptakan produk palsu yang tentu saja berkualitas rendah namun terpasang emblem dari pabrikan sparepart resmi. Sayangnya hal tesebut kurang disadari oleh para konsumen sehingga tidak jarang pemilik kendaraan menjadi korban utamanya.

Memang sulit untuk membedakan sparepart kendaraan palsu tersebut dengan yang orisinil alasannya yakni ketika ini sudah jarang orang yang berlaku jujur, pembeli dibutuhkan lebih teliti ketika membeli barang dan harus mengetahui apa saja perbedaan antara yang palsu dengan yang asli. Sebenarnya sangat gampang sekali membedakan antara barang orisinil tersebut dengan barang aspal mulai dari segi harga, garansi, sampai bentuk kemasannya. Berikut beberapa tips membedakan sparepart orisinil dengan yang palsu.

1. Kemasan

Ciri – ciri pertama yang dapat anda lihat dari segi kemasan atau bungkusnya. Meskipun biasanya dibentuk ibarat namun untuk sparepart orisinil biasanya dilengkapi hologram khusus yang tentu saja sangat sulit untuk dibentuk tiruannya. Sementara untuk kemasan palsu biasanya terlihat lebih simple dan tidak timbul.

2. Harga

Dari segi harga ibarat yang kita ketahui harga sparepart orisinil biasanya memang cukup mahal sekali namun kualitas yang berikan sangat sesuai jikalau dipakai pada kendaraan tetap terjamin keamanan dan kenyamannnya. Sementara itu kebanyakan sparepart palsu dibanderol dengan harga relatif lebih murah dari yang palsu dan sebaiknya hal tersebut patut anda curigai.

3. Garansi

Perbedaan ketiga yaitu dari garansi yang diberikan oleh penjual, untuk sparepart orisinil biasanya diberikan sendiri oleh pihak produsen kendaraan tersebut, sementara untuk yang palsu hanya diberikan garansi toko.

4. Kualitas Komponen

Bahan dari komponen terang menjadi pembeda utama. biasanya untuk barang yang orisinil mempunyai kualitas sangat elok dan meskipun sudah dipakai dalam jangka waktu usang tidak mengalami kerusakan. Sementara itu untuk sparepart aspal mempunyai kualitas materi yang jelek sehingga tidak tahan usang dan gres dipakai sebentar saja sudah mengalami kerusakan kembali. Tentu saja hari ini sangat merugikan konsumen yang ingin berhemat justru menciptakan pengeluaran menjadi membengkak.

Karena itu disarankan bagi seluruh masyarakat untuk selalu melaksanakan penggantian maupun pembelian sparepart di dealer resmi. Memang secara harga jauh lebih mahal namun tetap hening saja alasannya yakni pihak pabrikan sudah memperlihatkan garansi yang dapat anda gunakan jikalau mengalami problem pada barang tersebut.