Pabrikan Kendaraan Beroda Empat Asal Rusia Akan Hadir Di Indonesia?

Pasaran otomotif di Indonesia nampaknya memang sangat menggiurkan bagi para produsen mobil. Setelah pabrikan asal India dan Tiongkok menyusul pabrikan-pabrikan asal Jepang dan Amerika yang sudah usang mapan di Indonesia, dan sekarang juga di kabarkan akan hadir pemani gres yang akan segera tiba ke Indonesia untuk ikut serta dalam meraikan pasar otomotif Tanah Air.

Dalam kurun waktu terakhir ini, dikabarkan bahwa pabrikan asal Rusia sedang melaksanakan persiapan untuk menjual produk kendaraan roda empat buatannya di Indonesia. Invasi pabrikan asal Negeri Beruang Merah ini memang merupakan penggalan dari ekspansi pasar bagi produk mobilnya ke Negara lain.

Suryono selaku Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementrian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan bahwa hingga ketika ini aka nada dua kendaraan beroda empat yang menginginkan untuk masuk kepasaran otomotif Indonesia. Yakni ada Lada dan Gaz, mereka pun mau mencoba masuk kepasar otomotif tanah air.

Suryono juga menyampaikan bahwa Rusia bersama-sama yaitu Negara yang cukup maju dalam dunia otomotif, terutama untuk roda empatnya. Namun untuk selama ini yang terjadi yaitu pabrikan asal Rusia sering menjual produk-produknya untuk pasar dalam negeri.

Namun meski Rusia di anggap sebagai Negara dengan industry otomotif yang tergolong cukup majum, tetapi Rusia tetap harus melaksanakan beberapa hal jikalau ingin menjual produk mobilnya ke Indonesia. Dan salah satu syarat yang harus di penuhi oleh Rusia yaitu Rusia harus membuka kantor perwakilan dari produsen kendaraan beroda empat di Indonesia.

Suryono juga menyampaikan bahwa tidak ada dieler yang jual kendaraan mereka di Indonesia. Mereka masih belum ada di Indonesia. Kaprikornus mereka harus buka office representive di Indonesia untuk perkenalan. Dan selain itu dua pabrikan asal Rusia tersebut juga harus melaksanakan tes pasar guna untuk melihat kesudahannya apakah ada ketertarikan pasar Indonesia akan produk kendaraan beroda empat asal Rusia tersebut.

Suryono juga menawarkan pemanis bahwa kta juga harus melihat permainan produk mereka di Indonesia, sebab hal itu sangat penting.jangan hingga sudah ada di tanah air tetapi ada image orang Indonesia yang tidak suka dengan produk mereka. Kita pastiakn terlebih dahulu image mereka manis di Indonesia apa tidak.

Sedangkan untuk persoalan tes pasar tersebut memang harus di lakukan sebab itu sangat penting, apalagi untuk pendatang gres menyerupai kedua pabrikan asal Rusia tersebut. Pasalanya konsumen di Indonesia selama ini memang lebih familiar dengan mobil-mobil buatan Jepang, Amerika, dan beberapa kendaraan beroda empat buatan Negara Eropa menyerupai Jerman dan Italia.