Vw Group Bantah Porsche Dan Audi Terlibat Dalam Masalahnya Dalam Skandal Emisi

Volkswagen membantah keterlibatan kedua anak perusahaannya, yaitu Porsche dan Audi dalam dilema skandal uji emisi yang melibatkan raksasa otomotif asal Jerman tersebut. Bantahan yang dikeluarkan oleh VW tersebut sekaligus mengakibatkan sebuah tanggapan atas simpang siur keterlibatan beberapa anak perjuangan VW dalam skandal yang sangat menghebohkan tersebut.

Seperti yang telah diberitakan pada sebelumnya, pada bulan September lalu, yaitu Volkswagen telah mengeluarkan pengakuannya yang cukup menghebohkan. VW mengaku bahwa mereka telah memanipulasi tes uji emisi. Sekitar 482 ribu unit kendaraan yang beredar di Amerika Serikat dan 11 juta di seluruh dunia memakai data emisi palsu yang menyalahi hukum standar Badan Perlindungan Lingkungan AS. Beberapa jenis mesin diesel yang berkapasitas 3.0 liter pada VW Touareg te;ah dilengkapi dengan memakai perangkat arif yang bisa mengelabuhi kapasitas emisi buang sesuai dengan standar AS.

Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) sendiri telah menuduh pabrikan kendaraan beroda empat yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman, tersebut telah menyematkan sebuah perangkat arif emisi pada mesin Porsche Cayenne dan Audi Diesel yang diproduksi pada tahun 2014 sampai yang akan diproduksi pada tahun depan.

Seperti yang dilansir oleh ABC News pada hari Selasa 3 November 2015, EPA menyampaikan bahwa ada sekitar 10 ribu unit kendaraan beroda empat Porsche dan Audi dilengkapi dengan perangkat lunak ilegal. Dan emis gas buang yang di hasilkan pada kandungan nitrogen oksida beracun sampai Sembilan kali diatas batas normal yang di izinkan.

Lalu sementara itu, VW sendiri juga telah melaksanakan penyidikan internal terkait dengan skandal emisi yang menimpanya. Menurut kabar dari pemeriksaan VW, ada sekitar 20 nama yang diduga terlibat dalam dilema skandal terbesar di dunia otomotif tersebut.

Menurut salah seorang narasumber dari lingkungan dalam VW, menyerupai yang dilaporkan oleh Reuters pada hari Kamis 29 Oktober 2015 lalu, lebih dari sepuluh manager senior VW yang telah dibebastugaskan selama disinyalisir ada enam petinggi dari tiga merek administrator VW yang terlibat dalam dilema uji emisi tersebut.

Namun meski demikian, VW juga gres saja menunjukkan bantahan terhadap soal indikasi keterlibatan dua merek administrator di bawah pimpinan VW, yaitu Porsche dan Audi dalam dilema skandal emisi tersebut. Pihak dari VW pun telah berjanji akan bersikap tegas kooperatif terhadap pemeriksaan yang dilakukan regulator.